Resep Mie Ayam dari Nganjuk,jawa timur dijamin uenak

blogger templates
Resep mie ayam - beberapa waktu lalu saya jalan jalan untuk menghilangkan stress karena banyak masalah. Saya mencoba mencari makanan di daerah saya sendiri. Setelah bingung mau makan apa,akhirnya ketemu sebuah depot makan yang menyediakan mie ayam yang berada di sebelah kanannya kantor kecamatan ngronggot,nganjuk. Depot itu sudah berdiri sejak lama,bahkan sejak aku masih SD dahulu.

Pelayanan yang memuaskanlah membuat depot itu selalu ramai pembeli. Saat saya kesana,ngantrinya agak lama karena ada banyak pembeli yang ngantri duluan. Setelah beberapa menit menunggu,akhirnya saat-saat yang di tunggu tiba yaitu pesanan mie ayam sudah tiba. Langsung saja di coba, ternyata rasanya enak sekali. Bumbunya sangat terasa asin,gurih,pedas bercampur menjadi satu.
Resep Mie Ayam dari Nganjuk,jawa timur dijamin uenak
Resep Mie Ayam dari Nganjuk,jawa timur dijamin uenak


Sebetulnya tidak ada bedanya antara mie ayam nganjuk dengan mie ayam daerah lain. Yang menjadi beda hanya tempanya saja di nganjuk,akhinya saya berinama mie ayam nganjuk. Rasanya juga hampir sama dengan mie ayam lainya yaitu gurih,sedap,mantap dan enak. Cara membuat mie ayam juga sangat mudah loh,bisa anda praktekkan sediri di rumah dengan menggunakan resep di bawah ini. Tapi siapkan alat-bahannya dahulu.

Bahan membuat mie ayam

1/2 kg mie(bisa buat sendiri)
100 ml Minyak ayam
100 ml Kecap asin
300 gr Daging ayam yang sudah direbus dan dipotong dadu
3 sdm Kecap manis
2 batang Daun bawang dirajang.
Caisin, penyedap dan bawang goreng.

Bumbu mie ayam
3 siung Bawang putih
5 buah Bawang merah
1 sdt Ketumbar
3 cm Kunyit
3 cm Jahe
4 butir Kemiri

bumbu Kaldu ayam:
2 liter Air
1/2 kg Tulang ayam
1 sdt Garam
1/2 sdt Lada bubuk

cara memasak mie ayam nganjuk


1. buat Kaldu ayam.caranya rebus air hingga air mendidih,kemudian tulang ayam di masukkan, merebusnya dengan api kecil sampa aroma harum dari kaldu tercium.Lalu Tambahkan lada bubuk dan garam.

2. memasak ayam.Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma harum dan matang, kemudian masukkan potongan ayam berbentuk dadu tadi, tumis sampai bumbu menyerap ke dalam daging ayam,lalu tambahkan penyedap, tumis sebentar, terakhr angkat dan sisihkan.
3. meracik bumbu. memasukkan minyak ayam&penyedap ke dalam mangkok.
4. merebus mie,rebus mienya hingga matang lalu masukkan ke mangkok dan tambahkan ayam yang sudah di masak tadi.
5. finishing mie ayam sudah jadi.Tinggal menaburkan bawang dan daunya yang telah dirajang agar lebih mantap rasanya.

Resepnya bisa di praktekkan untuk keluarga atau bisa di jual loh,mantap kan.Sekian resep dari buresep semoga bermanfaat yah. Jangan lupa baca cara membuat susu kedelai ya,biar resepnya lengkap sambil tambah pengalaman masak juga.


2 Responses to "Resep Mie Ayam dari Nganjuk,jawa timur dijamin uenak"

Jam tangan online said...

perlu dicoba nih..

nano spray said...

wau mantab. pengen coba....