Cara membuat Soto lamongan enak dan mantap

blogger templates
Cara membuat Soto lamongan enak dan mantap - Soto,yaitulah makanan yang sangat populer di lidah orang indonesia. Rasanya yang enak membuat makanan ini begitu memasyarakat. Di indonesia banyak sekali kreasi masakan soto,hampir setiap daerah memiliki cirikhas masih masing contoh soto madura,soto betawi,soto banten,soto lamongan dan lain lain. Dari beberapa list tadi, soto lamongan lah yang paling enak dan terkenal sampai negeri seberang.Karena rasanya itu membuat buresep inging mengeshare resep dan cara membuat soto lamongan yang enak dan mantap.

Resep soto khas lamongan

Resep Soto lamongan dibawah ini di posting di blog buresep dengan tujuan agar ibu-ibu tidak perlu ke kota lamongan jika hanya ingin menikmati rasanya soto lamongan, karena anda bisa membuat sendiri soto lamongan dirumah.

Jika anda kurang mengerti masalah resep soto lamongan di bawah ini silahkan menulisnya di komentar agar kami segera memperbaiki resep soto lamongan dibawah ini. kami hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan lupa, maka dari itu komentar yang membangun dari anda akan kami terima dengan lapang dada dan sangat terbuka.

Cara membuat Soto lamongan enak dan mantap
Cara membuat Soto lamongan enak dan mantap

bahan:
Setengah ekor ayam (300gr)
1.750ml air
2 cm lengkuas, memarkan
1 butir cengkeh
2 batang serai, memarkan
1 sdt garam
minyak goreng
2 sdt air jeruk nipis
1 sdm kecap manis
Bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdt merica
1 sdm ketumbar sangrai
3 butir kemiri sangrai

bahan Pelengkap Soto Ayam Lamongan:
100gr toge
30gr suun kering
2 butir telur rebus
30gr kol, iris tipis
1 batang seledri, iris tips
1 sdm bawang putih goreng
cabe rawit

Cara Membuat Soto Ayam Lamongan


  1. Masukkan ayam bersama air ke dalam panci, kemudian tambahkan lengkuas, cengkeh, serai dan garam, masak sampai mendidih.Setelah itu Kecilkan apinya, rebus hingga kaldu ayam berminyak dan ayam lunak. Keluarkan ayam dari panci kemudian ukur kaldunya sekitar 1.250 ml.Lalu Rebus kembali kaldu diatas api kecil.
  2.  Goreng ayam hingga kering, angkat, tiriskan, suwir-suwir dagingnya lalu sisihkan.
  3. Panaskan 4 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, angkat lalu masukkan kedalam panci kaldu. Masak terus sampai bau bumbu hilang dan kuahnya tinggal 1000ml. Tambahkan air jeruk nipis dan kecap manis.
  4. Seduh toge dan suun dengan air panas secara terpisah, tiriskan. Kupas telur rebus, belah masing-masing menjadi 2 - 4 bagian.
  5. Siapkan mangkuk saji, letakkan ayam yang telah disuwir tadi, kemudian toge, suun dan kol. Siram dengan kuah panas, taburi seledri dan bawang putih goreng. Taruh telur rebus di atasnya, sajikan selagi panas bersama cabe rawit.


Resep soto dari lamongan diatas untuk empat orang. Soto lebih enak di makan bersama lontong. Sekian resep dari buresep semoga resep soto lamongan ini bisa bermanfaat untuk anda.
 


1 Response to "Cara membuat Soto lamongan enak dan mantap"

Anonymous said...

terimakasih bu, resep ini sangat bermanfaat buat saya .